Jumat, 21 Mei 2010

Cara mempersiapkan anak Berhitung sebelum masuk SD

Ada suatu kasus pada anak SD kelas 1.
Saat anak baru masuk kelas 1 SD, untuk pertama kalinya dia bertemu dengan pelajaran Matematika yang sesungguhnya. Berhasil atau tidaknya anak dalam pelajaran matematika kelas 1 itu akan berdampak besar pada pandangannya terhadap pelajaran matematika kelak. Apakah matematika itu menyenangkan atau menakutkan bagi si anak sangat tergantung pada fase ini. Anak akan sangat antusias dengan matematika di kemudian hari ketika saat kelas I dia berhasil memahami bahwa matematika itu mudah. Dan sebaliknya, jika saat kelas I, anak memahami matematika sebagai monster kerena kegagalan-kegagalannya, maka wajah matematika akan sangat menyeramkan bagi si anak di kemudian hari.

Lantas apa yang bisa kita lakukan ?

Tentunya kita harus menyiapkan anak sebelum dia masuk SD, sehingga saat dia masuk SD, dia benar-benar mampu memahami bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan.....

Trus caranya gimana ?

Kalau kita merujuk pada materi pelajaran Matematika pada kelas 1 semester 1, ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki anak sebelum masuk SD.

* Memahami bilangan 0 sampai 10 dengan menggunakan jari.
* Anak harus mampu berhitung maju 0 sampai 100 dengan mengucapkannya ( nol,satu,
   dua,……dst sampai seratus ), atau mengurutkan bilangan dari yang terkecil.
* Mampu memahami makna bilangan (misal bila ada gambar 36 apel, anak mampu
   menghitungnya )
* Mampu menulis lambang bilangan dan nama bilangan.

Contoh :
1 = satu , dan sebaliknya satu = 1
2 = dua dua = 2

1, 2, 3, …dst adalah lambang bilangan, sedangkan satu, dua, tiga, ….dst adalah
nama bilangan.

* Mampu menghitung mundur (mengucap angka) dari bilangan 20 sampai 0

   contoh berhitung mundur : 20...19...18...17...16...dst secara urut.
   ( mengurutkan bilangan dari yang terbesar ).

* Memahami konsep lebih banyak, lebih sedikit dan sama banyak.
* Memahami konsep penjumlahan dan pengurangan. ( kapan harus ditambah, kapan harus
   dikurang).
* Menjumlah dan mengurang menggunakan jari.

Dengan anak menguasai point-point di atas, anak sudah memiliki bekal yang cukup untuk bersaing di tingkat kelas I SD, yang tentunya dapat menjadi dasar pemahaman bahwa matematika mudah dan menyenangkan. Dan tentunya hal tersebutlah yang kita inginkan dan bermanfaat bagi anak di jenjang selanjutnya.

Untuk tekhnis cara mengajarkan point – point di atas akan saya jelaskan lebih detail pada posting selanjutnya.

Semoga bermanfaat.....

1 komentar:

Anonim mengatakan...

gimana pertama kali ngenalin angka / bil ke anak pra TK? mohon infony? trims